Skip to main content

Cara Menganalisis Sesuai dengan SWOT

 

Menganalisis Kampus sesuai dengan SWOT Dan Peta Strategi


Halo semuanya, kembali lagi bersama saya, Mustafidh Rafan Ahyan. Hari ini adalah hari ke enam saya PKL di ISTN. Kali ini pembelajaran kami cukup menarik karena membahas tentang SWOT.

Seperti biasa, saya melaksanakan kegiatan PKL saya di ISTN dimulai dengan Piket terlebih dahulu di masing-masing ruangan. Kali ini saya kebagian tugas mengepel lantai di ruangan A. Setelah mengepel kami pun duduk di ruangan B sambil menunggu Pak Riadi sampai. Sesampainya Pak Riadi di ruangan, Pak Riadi langsung memberikan bimbingan pada kami. Kemudian Pak Riadi memberikan tugas kepada kami untuk mempelajari mengenai SWOT. Setelah memahami materi mengenai SWOT, kami pun diberi tugas untuk menganalisis kampus sesuai dengan SWOT.

(Mendengarkan materi)
(Foto bersama)
(Keliling kampus untuk menilai SWOT)
(Keliling kampus untuk menilai SWOT)

Tetapi sebelumnya, SWOT itu apasi? dan guanya untuk sekolah dan universitas apa? mari kita lihat penjelasan berikut:

S.W.O.T



SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats. SWOT merupakan sebuah metode analisis strategis untuk memetakan. Tujuannya adalah membantu organisasi atau individu mengetahui posisi saat ini, mengenali potensi, mengantisipasi risiko, dan menyusun strategi yang tepat.

Strengths (Kekuatan)


Strengths adalah sebuah faktor internal positif yang menjadi keunggulan dibanding pihak lain.

Weaknesses (Kelemahan)


Weakness adalah faktor internal negatif yang menjadi kekurangan atau penghambat kemajuan.

Opportunities (Peluang)


Opportunities adalah faktor eksternal positif yang dapat dimanfaatkan untuk berkembang.

Threats (Ancaman)


Threats adalah faktor eksternal negatif yang dapat menghambat atau merugikan jika tidak diantisipasi.

Tujuan analisis dalam SWOT:

  • Mengetahui posisi dan kondisi saat ini.
  • Mengidentifikasi potensi yang dapat dimanfaatkan.
  • Mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.
  • Menentukan strategi pengembangan yang tepat
Cara menganalisis SWOT:
  • Strengths (Kekuatan): Dengan menganalisis keunggulan yang dimiliki, misalnya sumber daya, reputasi, teknologi, SDM berkualitas.
  • Weaknesses (Kelemahan): Dengan menganalisis kekurangan atau hambatan internal, seperti keterbatasan dana, fasilitas, atau manajemen yang kurang efektif.
  • Opportunities (Peluang): Dengan menganalisis tren, perubahan, atau kondisi eksternal yang menguntungkan, seperti kemajuan teknologi, pasar baru, atau dukungan pemerintah.
  • Threats (Ancaman): Dengan menganalisis faktor eksternal yang bisa menghambat, seperti persaingan, krisis ekonomi, perubahan regulasi, atau bencana.

Hasil analisis dari kampus XYZ

 Strengths (Kekuatan)

Rata-rata 4.14
Nilai ini tergolong tinggi, namun perlu diperhatikan lagi aspek lainnya lagi, karena masih ada fasilitas lain yang masih harus diperhatikan.

Faktor internal yang menjadi keunggulan kampus:
  • Luas area kampus 4 (Kurang tertata)
  • Danau untuk rekreasi 4 (danaunya indah, namun kurang tertata dan rumputnya sedikit panjang)
  • Banyak gedung 4 (Gedungnya banyak, namun ada beberapa yang kotor dan terlihat tidak terurus)
  • Parkir luas 5 (Parkirannya rapih dan banyak tempat parkirnya)
  • lapangan futsal dan lapangan basket 3 (Lapangannya luas, namun kurang terurus)
  • Hill climbing area 4 (hillclimbingnya menarik perhatian, namun terlihat kotor)
  • Masjid besar 5 (Masjidnya besar dan bersih)
  • Lingkungan aman, nyaman, dan asri 4 (Ada beberapa spot yang kurang bersih dan terlihat kurang terururs)

Weaknesses (Kelemahan)

Rata-rata 3.33
Nilai ini tergolong sedang, namun kampus ini masih harus memerhatikan aspek lainnya. Seperti fasilitas yang masih kurang memadai dan gedung-gedung yang kurang terurus.

Faktor internal yang perlu diperbaiki:
  • Sebagian gedung lama 4 (Masih banyak gedung dan ruangan yang terlihat kurang terurus)
  • Pemanfaatan fasilitas rekreasi & olahraga mungkin belum maksimal 3 (Ada beberapa fasilitas yang terlihat kotor)
  • Keterbatasan fasilitas IT 3 (Komputer di lab masih ada beberapa yang rusak)

Opportunities (Peluang)

Rata-rata 4.2
Nilai ini merupakan nilai yang tinggi, kampus harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik agar dapat berkembang dan tidak tertinggal.

Faktor eksternal yang bisa dimanfaatkan:
  • Lokasi di Jakarta Selatan, dekat pusat bisnis & industri IT, memudahkan kerja sama dan magang 4 (Lokasinya bagus, strategis dan dekat dengan akses jalan besar dan tol)
  • Tren minat kuliah di bidang teknologi peluang menarik lebih banyak mahasiswa 4 (Pihak kampus dapat memanfaatkan ini, apalagi kampus ini berfokus pada sains dan teknologi)
  • Event teknologi & olahraga bisa menarik sponsor dan publikasi 4 (Bisa dengan mengikuti lomba, mengadakan event atau bahkan melakukan sosialisasi)
  • Kerja sama industri memperkuat link dan match antara pendidikan dan dunia kerja 4 (Dengan adanya kerja sama ini dapat memudahkan kampus dalam mendapatkan sponsor)
  • Potensi pariwisata kampus (eduwisata), danau & hill climbing bisa dikembangkan sebagai daya tarik 5 (Kampus dapat memanfaatkan danaunya yang bagus dan fasilitas lainnya sebagai potensi daya tarik)

Threats (Ancaman)

Rata-rata 4.0
Nilai ini bisa dibilang sangat tinggi, perlunya pengelolaan lebih intensif untuk menangani ancaman yang berpotensi terjadi di kampus. Agar kampus dapat bertahan dan memiliki daya tarik.

Faktor eksternal yang berpotensi menghambat:
  • Persaingan antar kampus teknik di Jakarta yang juga memiliki fasilitas bagus 5 (Banyak kampus yang tidak jauh jaraknya dengan ISTN dan dengan biaya per semester yang lebih murah)
  • Perubahan teknologi dan kurikulum  4 (ISTN harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal oleh kampus lain)
  • Biaya yang tinggi untuk pemeliharaan fasilitas 4 (Memiliki banyak fasilitas dan gedung maka dari itu biaya operasionalnya pun juga besar)
  • Fluktuasi jumlah pendaftar karena tren kerja atau kebijakan pemerintah 4 (Kebijakan dan tren sangat berpengaruh, maka dari itu diperlukannya daya tarik)
  • Potensi bencana alam, meski jarang tetap perlu diantisipasi 3 (Memiliki Penanggulangan bencana yang tepat agar orang yakin atas keselamatan mereka ketika di ISTN)

Ulasan Singkat & Fokus Strategi

Kekuatan Utama:
  • Kampus luas, parkiran banyakj dan bersih, lingkungan asri dan aman bisa menjadi daya tarik besar.

  • Punya fasilitas unik (danau, hill climbing, lapangan futsal, lapangan basket dan masjid).

Kelemahan Penting:

  • Pemanfaatan fasilitas belum maksimal.

  • Kurang promosi digital dan visual.

  • Fasilitas IT perlu pembaruan.

  • Banyak gedung yang perlu diperbaiki.

  • Banyak tempat yang harus dirapihkan.

Peluang Besar:

  • Lokasi strategis memudahkan kolaborasi industri.

  • Event kampus bisa menjadi sarana promosi dan sumber dana.

  • Lokasi strategis dekat dengan fasilitas umum.

Ancaman Serius:

  • Persaingan ketat antar kampus teknik.

  • Persaingan ketat dengan kampus lain dengan biaya yang lebih murah.

  • Perubahan teknologi yang cepat menuntut adaptasi kurikulum.

Arah Strategi:

  1. Modernisasi fasilitas & teknologi pembelajaran.

  2. Branding kampus melalui event dan fasilitas unik.

  3. Optimalisasi kerja sama industri.

  4. Promosi digital untuk menarik mahasiswa baru.


Matriks Strategi TOWS Kampus

Opportunities (O)Threats (T)
Strengths (S)SO Strategy:1. Manfaatkan luas area & fasilitas unik untuk event teknologi & olahraga berskala nasional.2. Jadikan danau & hill climbing sebagai ikon promosi untuk menarik sponsor & mahasiswa.3. Gunakan lokasi strategis untuk memperluas kerja sama riset & magang industri.ST Strategy:1. Tawarkan keunggulan fasilitas untuk membedakan diri dari kampus pesaing.2. Gunakan lingkungan asri & aman sebagai nilai tambah dalam pemasaran.3. Kembangkan pusat pelatihan teknologi yang adaptif terhadap tren industri.
Weaknesses (W)WO Strategy:1. Gunakan kerja sama industri untuk renovasi gedung & upgrade fasilitas IT.2. Optimalkan pemanfaatan fasilitas olahraga & rekreasi untuk event komersial.3. Tingkatkan promosi digital menggunakan konten visual kampus.WT Strategy:1. Terapkan manajemen pemeliharaan efisien untuk mengurangi biaya operasional.2. Diversifikasi program studi untuk mengantisipasi penurunan minat.3. Siapkan SOP adaptasi cepat terhadap perubahan kurikulum & teknologi.

Alur Logika Peta Strategi

  1. Memperluas relasi, mempersiapkan solusi untuk bencana-bencana yang mungkin akan datang, mempunyai brand atau sesuatu yang mencolok, agar bisa lebih unggul dari kampus lain.

  2. Melakukan riset terhadap kurikulum dan perkembangan teknologi, agar siap menghadapi ancaman tersebut.

  3. Memperbaiki dan memanfaatkan fasilitas sebaik mungkin.

  4. Mengelola keuangan sebaik mungkin, agar penyaluran dana dapat terkendali dan peningkatan fasilitas tidak terganggu.


Kesimpulan

Dalam melakukan analisis diperlukannya ketelitian, tidak hanya menganalisis satu poin saja namun semua poinnya. Mulai dari Kekuatannya, Kelemahannya, Peluang serta Ancamannya. Hal ini agar hasil analisis yang dihasilkan memberikan data yang efektif dan akurat. Dengan begitu akan memberikan solusi yang akurat dan sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Comments

Popular posts from this blog

Institut Sains dan Teknologi Nasional

PENGALAMAN PKL DI ISTN Perkenalkan nama saya Mustafidh Rafan Ahyan, saya kelas XII TJKT 2 dari SMK Yadika 12. Di blog ini saya ingin menceritakan pengalaman saya semasa PKL di ISTN. Namun, sebelum itu ISTN itu apa si? Institut Sains dan Teknologi (ISTN)  Institut Sains dan Teknologi ISTN berdiri sejak 1950, ISTN merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Dengan visinya yaitu, Center of Excellence dalam pendidikan tinggi sains dan teknologi yang kreatif, inovatif, unggul, dan berjiwa pelopor. ISTN menghasilkan lulusan yang pancasilais, kompeten, dan berkarakter tangguh, serta adaptif terhadap perkembangan teknologi dan perubahan zaman. Ketika masih kelas 11, saya di beritahu oleh pengurus pkl dari pihak sekolah, bahwa ketika pkl nantinya saya akan ditempatkan di Institut Sains dan Teknologi atau jika di singkat menjadi ISTN. Awalnya saya ketika saya diberitahu bahwa saya akan di tempatkan di ISTN, saya kebingungan karna saya kurang mengetahui mengenai kampus t...

Ahli HTML Dalam Sehari

  Ahli HTML Dalam Sehari Kembali lagi bersama saya, Mustafidh Rafan Ahyan. Hari ini hari ke dua saya PKL di ISTN. Saya akan menceritakan sedikit aktivitas saya PKL hari ini. Hari ini saya belajar cara menceritakan keseharian masing-masing, lalu ditulis ke dalam Notepad++, setelah itu membuat Web dan cerita tersebut dimasukkan kedalam web lalu dirapihkan dengan menggunakan tailwind agar ketika melihat web tersebut dari handphone, tampilannya tidak berantakan. Sebelum itu Tailwind itu apasih? Notepad++ itu gunanya apasih? kok buat web pake Notepad++, emang nyambung sama HTML? HTML HTML, atau HyperText Markup Language, adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat dan merancang halaman web. Ini bukan bahasa pemrograman, melainkan bahasa yang memberikan struktur dan konten pada halaman web, memungkinkan teks, gambar, video, dan elemen lainnya ditampilkan di browser. (Berikut perbedaan HTML dengan CSS atau Javascript) Tailwind CSS Tailwind CSS adalah framework CSS yang bersi...

Analisis SWOT Dan Peta Strategi untuk Sekolah Unggul

 Analisis SWOT Dan Peta Strategi untuk Sekolah Unggul Halo kawan-kawan, kembali lagi bersama saya, Mustafidh Rafan Ahyan. Hari ini adalah hari ke lima saya PKL di ISTN. Kali ini pembelajaran kami cukup menarik karena membahas tentang SWOT. Seperti biasa, saya melaksanakan kegiatan PKL saya di ISTN dimulai dengan Piket terlebih dahulu di masing-masing ruangan. Kali ini saya kebagian tugas menyapu lantai lagi tetapi di ruangan A bukan di ruang B seperti kemarin. Setelah menyapu kami pun duduk di ruangan B sambil menunggu Pak Riadi sampai. Ternyata Pak Riadi sedang ada tugas lain, dan belum bisa hadir untuk memberikan bimbingan pada jam pagi. Akhirnya Pak Riadi memberikan tugas kepada kami untuk mempelajari mengenai SWOT. Setelah memahami materi mengenai SWOT, kami pun diberi tugas untuk menganalisis SWOT dari sebuah sekolah dan universitas. (Proses Pembelajaran) (Proses Materi) (Pada saat istirahat) Tetapi sebelumnya, SWOT itu apasi? dan guanya untuk sekolah dan universitas apa? mari...