Menganalisis Kampus sesuai dengan SWOT Dan Peta Strategi
S.W.O.T
Strengths (Kekuatan)
Weaknesses (Kelemahan)
Tujuan analisis dalam SWOT:
- Mengetahui posisi dan kondisi saat ini.
- Mengidentifikasi potensi yang dapat dimanfaatkan.
- Mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.
- Menentukan strategi pengembangan yang tepat
- Strengths (Kekuatan): Dengan menganalisis keunggulan yang dimiliki, misalnya sumber daya, reputasi, teknologi, SDM berkualitas.
- Weaknesses (Kelemahan): Dengan menganalisis kekurangan atau hambatan internal, seperti keterbatasan dana, fasilitas, atau manajemen yang kurang efektif.
- Opportunities (Peluang): Dengan menganalisis tren, perubahan, atau kondisi eksternal yang menguntungkan, seperti kemajuan teknologi, pasar baru, atau dukungan pemerintah.
- Threats (Ancaman): Dengan menganalisis faktor eksternal yang bisa menghambat, seperti persaingan, krisis ekonomi, perubahan regulasi, atau bencana.
Hasil analisis dari kampus XYZ
Strengths (Kekuatan)
- Luas area kampus 4 (Kurang tertata)
- Danau untuk rekreasi 4 (danaunya indah, namun kurang tertata dan rumputnya sedikit panjang)
- Banyak gedung 4 (Gedungnya banyak, namun ada beberapa yang kotor dan terlihat tidak terurus)
- Parkir luas 5 (Parkirannya rapih dan banyak tempat parkirnya)
- lapangan futsal dan lapangan basket 3 (Lapangannya luas, namun kurang terurus)
- Hill climbing area 4 (hillclimbingnya menarik perhatian, namun terlihat kotor)
- Masjid besar 5 (Masjidnya besar dan bersih)
- Lingkungan aman, nyaman, dan asri 4 (Ada beberapa spot yang kurang bersih dan terlihat kurang terururs)
Weaknesses (Kelemahan)
- Sebagian gedung lama 4 (Masih banyak gedung dan ruangan yang terlihat kurang terurus)
- Pemanfaatan fasilitas rekreasi & olahraga mungkin belum maksimal 3 (Ada beberapa fasilitas yang terlihat kotor)
- Keterbatasan fasilitas IT 3 (Komputer di lab masih ada beberapa yang rusak)
Opportunities (Peluang)
- Lokasi di Jakarta Selatan, dekat pusat bisnis & industri IT, memudahkan kerja sama dan magang 4 (Lokasinya bagus, strategis dan dekat dengan akses jalan besar dan tol)
- Tren minat kuliah di bidang teknologi peluang menarik lebih banyak mahasiswa 4 (Pihak kampus dapat memanfaatkan ini, apalagi kampus ini berfokus pada sains dan teknologi)
- Event teknologi & olahraga bisa menarik sponsor dan publikasi 4 (Bisa dengan mengikuti lomba, mengadakan event atau bahkan melakukan sosialisasi)
- Kerja sama industri memperkuat link dan match antara pendidikan dan dunia kerja 4 (Dengan adanya kerja sama ini dapat memudahkan kampus dalam mendapatkan sponsor)
- Potensi pariwisata kampus (eduwisata), danau & hill climbing bisa dikembangkan sebagai daya tarik 5 (Kampus dapat memanfaatkan danaunya yang bagus dan fasilitas lainnya sebagai potensi daya tarik)
Threats (Ancaman)
- Persaingan antar kampus teknik di Jakarta yang juga memiliki fasilitas bagus 5 (Banyak kampus yang tidak jauh jaraknya dengan ISTN dan dengan biaya per semester yang lebih murah)
- Perubahan teknologi dan kurikulum 4 (ISTN harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal oleh kampus lain)
- Biaya yang tinggi untuk pemeliharaan fasilitas 4 (Memiliki banyak fasilitas dan gedung maka dari itu biaya operasionalnya pun juga besar)
- Fluktuasi jumlah pendaftar karena tren kerja atau kebijakan pemerintah 4 (Kebijakan dan tren sangat berpengaruh, maka dari itu diperlukannya daya tarik)
- Potensi bencana alam, meski jarang tetap perlu diantisipasi 3 (Memiliki Penanggulangan bencana yang tepat agar orang yakin atas keselamatan mereka ketika di ISTN)
Ulasan Singkat & Fokus Strategi
Kampus luas, parkiran banyakj dan bersih, lingkungan asri dan aman bisa menjadi daya tarik besar.
Punya fasilitas unik (danau, hill climbing, lapangan futsal, lapangan basket dan masjid).
Kelemahan Penting:
Pemanfaatan fasilitas belum maksimal.
Kurang promosi digital dan visual.
Fasilitas IT perlu pembaruan.
Banyak gedung yang perlu diperbaiki.
Banyak tempat yang harus dirapihkan.
Peluang Besar:
Lokasi strategis memudahkan kolaborasi industri.
Event kampus bisa menjadi sarana promosi dan sumber dana.
Lokasi strategis dekat dengan fasilitas umum.
Ancaman Serius:
Persaingan ketat antar kampus teknik.
Persaingan ketat dengan kampus lain dengan biaya yang lebih murah.
Perubahan teknologi yang cepat menuntut adaptasi kurikulum.
Arah Strategi:
Modernisasi fasilitas & teknologi pembelajaran.
Branding kampus melalui event dan fasilitas unik.
Optimalisasi kerja sama industri.
Promosi digital untuk menarik mahasiswa baru.
Matriks Strategi TOWS Kampus
| Opportunities (O) | Threats (T) | |
|---|---|---|
| Strengths (S) | SO Strategy:1. Manfaatkan luas area & fasilitas unik untuk event teknologi & olahraga berskala nasional.2. Jadikan danau & hill climbing sebagai ikon promosi untuk menarik sponsor & mahasiswa.3. Gunakan lokasi strategis untuk memperluas kerja sama riset & magang industri. | ST Strategy:1. Tawarkan keunggulan fasilitas untuk membedakan diri dari kampus pesaing.2. Gunakan lingkungan asri & aman sebagai nilai tambah dalam pemasaran.3. Kembangkan pusat pelatihan teknologi yang adaptif terhadap tren industri. |
| Weaknesses (W) | WO Strategy:1. Gunakan kerja sama industri untuk renovasi gedung & upgrade fasilitas IT.2. Optimalkan pemanfaatan fasilitas olahraga & rekreasi untuk event komersial.3. Tingkatkan promosi digital menggunakan konten visual kampus. | WT Strategy:1. Terapkan manajemen pemeliharaan efisien untuk mengurangi biaya operasional.2. Diversifikasi program studi untuk mengantisipasi penurunan minat.3. Siapkan SOP adaptasi cepat terhadap perubahan kurikulum & teknologi. |
Alur Logika Peta Strategi
Memperluas relasi, mempersiapkan solusi untuk bencana-bencana yang mungkin akan datang, mempunyai brand atau sesuatu yang mencolok, agar bisa lebih unggul dari kampus lain.
Melakukan riset terhadap kurikulum dan perkembangan teknologi, agar siap menghadapi ancaman tersebut.
Memperbaiki dan memanfaatkan fasilitas sebaik mungkin.
Mengelola keuangan sebaik mungkin, agar penyaluran dana dapat terkendali dan peningkatan fasilitas tidak terganggu.






.png)
.png)
.jpg)
.jpg)
Comments
Post a Comment